A.
Proses
Perencanaan
Perencanaan pada dasarnya merupakan suatu
proses untuk menetapkan di awal berbagai hasil akhir (end results) yang ingin dicapai organisasi di masa mendatang. Hasil
akhir yang ingin dicapai oleh organisasi dinyatakan dalam bentuk berbagai
tujuan (goals) yang hendak dicapai
organisasi dalam suatu kerangka waktu tertentu. Selanjutnya para pimpinan
organisasi akan merumuskan berbagai rencana tindakan yang memungkinkan
organsiasi mencapai tujuan tersebut (strategy).
Dengan demikian, proses perencanaan pada dasarnya merupakan suatu proses
pembuatan tujuan (goal making process)
sekaligus juga merupakan proses pembuatan strategi (strategy making process) (Jones & George, 2007: 202).
B.
Tingkatan
Perencanaan
Di dalam sebuah organisasi/perusahaan,
perencanaan terjadi pada 3 (tiga) jenjang manajemen perusahaan (Solihin, 2012 :
10), yakni :
1.
Perencanaan Tingkat Korporat (Corporate Level)
·
Rencana pada tingkat ini mencakup : penetapan
visi, misi, dan tujuan-tujuan organisasi, strategi yang dikembangkan dan
struktur korporasi yang dipilih oleh organisasi.
·
Misi dan tujuan organisasi selanjutnya akan
menjadi pedoman untuk menentukan tujuan divisi dan tujuan berbagai fungsi
organisasi.
·
Untuk mencapai tujuan organisasi, maka
dibuatlah strategi pada tingkat korporat, strategi ini akan memberikan arah
dalam indutri dan pasar mana organisasi akan bersaing.
2.
Perencanaan Tingkat Divisi (Division Level)
Para
pimpinan pada tingkat divisi akan mengembangkan perencanaan pada tingkat divisi
yang mencakup : tujuan jangka panjang dan pembuatan strategi serta struktur
pengendalian pada tingkat divisi.
3.
Perencanaan Tingkat Fungsional/Departemen (Functional/Departement Level)
·
Para pimpinan pada tingkat fungsional (contoh
dalam perusahaan bisnis : manajer produksi, manajer akuntansi, manajer
pemasaran, manajer SDM, dll.) akan mengembangkan rencana pada tingkat
fugsional/departemen.
·
Rencana pada tingkat ini akan menetapkan
tujan yang ingin dicapai oleh masing-masing fungsi yang akan menjamin
tercapainya tujuan.
Sumber
:
·
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik.
Jakarta : Erlangga.
Jones,
G.R. & George, J. M. 2007. Essential
of Contemporary Management. Ed. 2. McGraw Hill
Tidak ada komentar:
Posting Komentar